Wednesday, December 1, 2010

Julian Paulus Assange’s whistleblower WikiLeaks

WikiLeaks - The Real News Maker

Julian Paulus Assange dan WikiLeaks saat ini telah menjadi “News Maker”. Mungkin kita baru mendengar WikiLeaks dan Julian Paulus Assange ketika kawat diplomatik Amerika bocor. Namun Julian Paulus Assange sudah jauh hari sudah meretas peran di dunia investigasi dan “hacking”. Ternyata (menurutku), kiprah Julian Assange jauh lebih visioner dan elegan terlepas dari pro dan kontra. Apa dan Siapa Julian Assange dan WikiLeaks? Tulisan ini disarikan dari beberapa sumber.

 

Julian Paulus Assange adalah seorang wartawan Australia, penerbit, dan aktivis Internet lahir 3 Juli 1971. Julian Paulus Assange dikenal pendiri WikiLeaks, sebuah situs whistleblower. (Istilah whistleblower menjadi trend di Indonesia saat Susno Duadji mengngkap Mafia Kasus di tubuh Polri). Assange mendirikan website WikiLeaks pada tahun 2006 sebagai anggota dewan penasehat. Latar belakang Julian Paulus Assange memang seorang programmer komputer. Dalam beberapa kesempatan dia sering menekankan isu tentang kebebasan sensor dan jurnalisme investigasi.Assange

 

Dalam kaitan tersebut dapat disebutkan beberapa keterlibatan Julian Paulus Assange dalam pengungkapan dan penerbitan laporan rahasia terkait hal berikut :

  • Pembunuhan illegal di Kenya, sehingga pada tahun 2009 memenangkan Amnesty International Award bidang Media.
  • Dia juga telah menerbitkan bahan tentang praktek pembuangan limbah beracun di Afrika
  • Laporan tentang prosedur penjara di Teluk Guantanamo
  • Pada tahun 2010, ia menerbitkan hasil “investigasi” terkait rincian tentang keterlibatan Amerika Serikat dalam perang di Afghanistan dan Irak.
  • Kemudian, pada tanggal 28 November 2010, WikiLeaks menerbitkan kabel rahasia diplomatik AS Gedung Putih menyebut tindakan Assange's ceroboh dan berbahaya.

Terkait dengan WikiLeaks, Tahun 2008 Julian Assange menerima Penghargaan Kebebasan Berekspresi dan Economist Award 2010 dari Sam Adams. Utne Reader memberi gelar kepada Julian Paulus Assange sebagai salah satu "25 Pengkhayal yang Mengubah Dunia Anda". Pada tahun 2010, Assange menempati peringkat 23 di antara 50 orang Paling Berpengaruh di dunia. Dan pada 7 Desember 2010, majalah Time memberikan “Pribadi Tahun 2010".

 

Pada tanggal 30 November 2010, Interpol, atas permintaan Kantor Jaksa Penuntut Umum Internasional di Gothenburg, Swedia, Assange ditempatkan pada daftar pencarian orang untuk dimintai keterangan terkait dugaan pelanggaran seksual. Julian Paulus Assange menyangkal segala tuduhan terhadap dirinya. Pada tanggal 7 Desember 2010 Julian Paulus Assange secara sukarela menyerahkan diri ke kepolisian Metropolitan London

 

Berikut beberapa tanggapan terkait kasus Assange :

  • Satu diantara kawat diplomatik yang di bocorkan WikiLeaks adalah pemesanan tokoh diplomatik AS untuk melakukan spionase di Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang melanggar perjanjian internasional yang AS tanda tangani.
  • Daniel Yates, mantan perwira militer Inggris, menulis "Assange telah serius membahayakan kehidupan warga sipil Afghanistan - terkait informasi WikiLeaks yang berisi rincian informasi pribadi mengenai warga sipil Afghanistan yang telah mendekati tentara NATO. Tidak dapat dipungkiri bahwa Taliban sekarang akan mencari retribusi kekerasan pada mereka yang telah bekerjasama dengan NATO keluarga dan juga suku mereka akan dalam bahaya..
  • Menanggapi kritik, Assange mengatakan pada bulan Agustus 2010 sebanyak 15.000 dokumen yang masih dalam proses pemeriksaan dan dilakukan screning untuk memastikan bahwa nama-nama pihak tak berdosa (yang berada di bawah ancaman yang masuk akal) akan dihapus dari daftar publikasi. Hal ini sebagai tanggapan atas surat dari seorang juru bicara Gedung Putih.
  • Glenn Greenwald dan yang lainnya mengatakan bahwa apa yang dilakukan assange merupakan bentuk "upaya jurnalistik benar-benar standar".
  • Jeffrey T. Kuhner menulis pada sebuah editorial di Washington Times mengatakan bahwa Assange harus diperlakukan "dengan cara yang sama sebagai sasaran teroris bernilai tinggi lainnya " dan dibunuh.
  • Mantan ajudan Nixon dan radio talk host G. Gordon Liddy dilaporkan telah menyarankan bahwa nama Assange itu akan ditambahkan ke "daftar bunuh" dari teroris yang dapat dibunuh tanpa pengadila.
  • US Senat pemimpin minoritas Mitch McConnell menyebut Assange "seorang teroris dengan teknologi tinggi"
  • Mantan US House speaker Newt Gingrich telah dikutip mengatakan, "terorisme Informasi, yang dapat mengarah ke seseorang sehingga dapat terbunuh, adalah terorisme, dan Julian Assange terlibat dalam terorisme. Dia harus diperlakukan sebagai seorang pejuang bagi musuh.
  • Peter King, Ketua Komite Keamanan DPR Amerika, telah meminta pemerintahan Obama untuk menyatakan Wikileaks sebagai sebuah "Organisasi Teroris Asing"
  • Sebuah editorial di Sydney Morning Herald oleh Bryce Lowry menggambarkan Assange sebagai “Ned Kelly era digital". Sebuah pebandingan dengan seorang pahlawan yang menantang penguasa kolonial di Australia pada abad kesembilan belas.
  • Komunitas hacker dan aktivis online,, mengumumkan dukungannya terhadap Wikileaks dan menyatakan perang melawan musuh-musuh Assange. Mereka menyerukan kepada para pendukung untuk menyerang situs dan perusahaan yang tidak mendukung WikiLeaks dan untuk menyebarkan dan membocorkan kabel diplomatik.
  • Assange menerima penghargaan Media tahun 2009 dari Amnesty International, yang dimaksudkan untuk "mengenali keunggulan dalam jurnalisme hak asasi manusia" dan dia telah diakui sebagai wartawan untuk jurnalisme investigatif.
  • Pada akhir November 2010, Wakil Menteri Luar Negeri Kintto Lucas Ekuador tampaknya menawarkan tinggal Assange dengan "tanpa syarat ... sehingga ia dapat dengan bebas menyajikan informasi dan semua dokumentasi yang dimilikinya, tidak hanya melalui Internet, tetapi dalam berbagai forum publik
  • Pada Desember 2010 juru bicara Departemen Luar Negeri AS Philip J. Crowley keberatan dengan deskripsi Assange sebagai wartawan, dan juga menyatakan bahwa Departemen Luar Negeri AS tidak menganggap WikiLeaks sebagai organisasi media yang sah

Demikian sederet pro dan kontra mengiringi kiprah Julian Assange di WikiLeaks. Yang paling baru, dan ini diyakini banyak pihak sangat berbau politis adalah tuduhan pelecehan seksual yang dikenakan pada Assange. Pada tanggal 20 Agustus 2010, penyelidikan telah dibuka terhadap Assange dan surat perintah penangkapan dikeluarkan di Swedia sehubungan dengan tuduhan pelecehan seksual terhadapp dua perempuan. Assange membantah segala tuduhan, bahwa segala tuduhan ini merupakan upaya pembunuhan karakter. Assange mengatakan bahwa tuduhan terhadap dirinya adalah "set-up" yang diatur oleh musuh-musuh WikiLeaks.

 

Siapa sebenarnya Julian Assange?

Assange lahir di Townsville, Queensland, dan menghabiskan sebagian besar hidup masa mudanya di Pulau Magnetic. orang tua Assange menjalankan perusahaan tur teater. Pada tahun 1979, ibu Assange, Christine, menikah lagi, suami barunya adalah seorang musisi. Pasangan itu memiliki seorang putra, namun cerai pada tahun 1982. Assange kecil sering berpindah tempat tinggal, mengenyam banyak sekolah dan perguruan tinggi di Australia. Assange dilaporkan telah kuliah di enam universitas. Dari tahun 2003 hingga 2006, ia belajar fisika dan matematika di University of Melbourne. Di web pribadi , ia digambarkan pernah mewakili universitas di Kompetisi Fisika Nasional Australia sekitar 2005. Ia juga belajar filsafat dan ilmu saraf.

 

Assange telah diprofilkan tidak memiliki alamat tetap. Assange mengatakan dia selalu bergerak. Dia telah tinggal selama periode di Australia, Kenya dan Tanzania, dan mulai menyewa sebuah rumah di Islandia pada tanggal 30 Maret 2010. Untuk sebagian besar 2010, ia mengunjungi Inggris, Islandia, Swedia dan negara-negara Eropa lainnya. Pada tanggal 4 November 2010, Assange kepada televisi publik Swiss TSR bahwa ia secara serius mempertimbangkan untuk mencari suaka politik di Swiss dan memindahkan operasi dasar WikiLeaks. Menurut Assange, Swiss dan Islandia Adalah negara-negara yang dirasa WikiLeaks akan merasa aman untuk beroperasi.

 

Pada tahun 1987, Assange memulai terjun du dunia hacking dengan nama "Mendax". (Berasal dari frase dari Horace: "mendax Splendide," atau "mulia tulus’. Dia dan dua hacker lainnya bergabung untuk membentuk sebuah kelompok yang mereka beri nama subversif Internasional. Assange menuliskan aturan awal kelompok ini, antara lain ketika melakukan hacking, dilarang merusak sistem komputer, jangan mengubah informasi dalam sistem tersebut (kecuali untuk mengubah log untuk menutupi trek).

 

Menanggapi hacking, Kepolisian Federal Australia menggerebek rumahnya di Melbourne pada tahun 1991. Dia dilaporkan telah melakukan akses ke komputer milik sebuah universitas Australia, perusahaan telekomunikasi Kanada Nortel, dan organisasi lain. Pada tahun 1992, ia mengaku bersalah atas 24 tuduhan hacking dan didenda AU $ 2100. Jaksa penuntut mengatakan bahwa tindakan Assange tidak terbukti selain merupakan sebuah bentuk kecerdasan, rasa ingin tahu serta kesenangan (berekspresi-surfing melalui berbagai komputer).

 

Pada tahun 1993, Assange mulai terlibat dalam salah satu penyedia layanan internet publik pertama di Australia. Dimulai pada tahun 1994,. Assange tinggal di Melbourne sebagai programmer dan pengembang perangkat lunak. Pada tahun 1995, Assange menulis Strobe, sebuah open source. Tahun 1996 memberikan kontribusi pada proyek PostgreSQL. Dia juga membantu dalam penulisan buku Underground Tales of Hacking-pada tahun 1997. Pada tahun ini juga dia menciptakan sistem Rubberhose, sebuah konsep kriptografi untuk perangkat lunak untuk Linux. Sistem ini dirancang untuk keperluan pembacaan sandi, dan digunakan sebagai alat bagi pekerja hak asasi manusia yang dibutuhkan untuk melindungi data sensitif di lapangan. Jenis software gratis lain yang dia ciptakan seperti NNTPCache dan Surfraw, sistem command-line untuk mesin pencari berbasis web. Tahun 1999, Assange mendaftarkan domain leaks.org.

 

WikiLeaks

WikiLeaks didirikan pada tahun 2006. Assange menulis dua esai terkait filosofi di balik pendirian WikiLeaks. Filosofi itu antara lain WikiLeaks didirikan untuk perubahan yang radikal pada perilaku rezim yang tidak ingin diubah, dengan pendekatan teknologi, untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih terbuka.

 

Dalam satu tahun peluncurannya, situs ini mengklaim database yang telah tumbuh menjadi lebih dari 1,2 juta dokumen. WikiLeaks menggambarkan dirinya sebagai telah didirikan oleh pembangkang Cina, serta wartawan, matematikawan, dan start-up perusahaan teknologi dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan surat kabar The Guardian menggambarkan Julian Assange, seorang aktivis internet Australia, sebagai direktur.

 

Namun Assange tidak menggambarkan dirinya sebagai pemimpin redaksi dari WikiLeaks, dia menyatakan bahwa ia memiliki keputusan akhir dalam proses pemeriksaan dokumen yang diserahkan ke situs, sebagaimana kebanyakan orang yang bekerja untuk sebuah situs. Assange adalah relawan yang tidak dibayar. Assange mengatakan bahwa Wikileaks telah merilis lebih banyak dokumen rahasia, bahkan dari seluruh gabungan dokumen yang dimuat pada seluruh pers dunia.

 

Aktifitas Assange telah dikenal pada banyak bentuk kegiatan khususnya yang terkait aktifitas pengungkapan dokumen rahasia di banyak negara, sehingga Assange Assange terancam di tangkap di sejumlah negara.

 

Pada bulan April 2010, WikiLeaks mem-posted video dari insiden 2007 di mana warga sipil Irak dan wartawan dibunuh oleh pasukan AS, pada sebuah situs web disebut Jaminan Pembunuhan. Pada bulan Juli tahun yang sama, WikiLeaks merilis Diary Perang Afganistan, sebuah kompilasi lebih dari 76.900 dokumen mengenai Perang di Afghanistan yang sebelumnya tidak tersedia untuk tinjauan publik. Pada bulan Oktober, dirilis sebuah paket dari hampir 400.000 dokumen yang disebut sebagai Log perang Irak dalam koordinasi dengan organisasi-organisasi media komersial.

 

Pada tanggal 28 November 2010, WikiLeaks mulai melepaskan kabel diplomatik AS. WikiLeaks memuat lebih dari 251.000 kabel diplomatik Amerika, kebanyakan unclassified, namun juga termasuk yang berlabel “secret”. Di Australia, tindakan Assange ini menimbulkan banyak perdebatan. Jaksa Agung Australia, Robert McClelland, mengatakan kepada pers bahwa Australia akan menyelidiki aktivitas Assange dan WikiLeaks. Hampir 200 tokoh masyarakat menulis sebuah surat terbuka kepada Julia Gillard, Perdana Menteri Australia, meminta dia untuk melindungi Assange. Kemudian Robert McClelland (6 Desember 2010) menyatakan bahwa Assange "berhak" untuk kembali ke Australia dan menerima bantuan konsuler luar negeri. Dia juga menyatakan, bahwa bagaimanapun, Australia mempunyai kewajiban kepada negara-negara tertentu untuk memberikan bantuan dalam investigasi kriminal.

 

Amerika Serikat meluncurkan sebuah investigasi kriminal yang berkaitan dengan kebocoran informasi pemerintah AS oleh Assange dan WikiLeaks pada tanggal 29 November. Kejaksaan US dilaporkan mempersiapkan tuduhan terhadap Assange dengan dakwaan telah melanggar Undang-Undang Spionase.

 

Pada akhir Oktober, pemerintah Swedia membatalkan ijin tinggal dan ijin kerja Assange di Swedia. Pada tanggal 4 November, Assange mengatakan bahwa ia sedang mempertimbangkan permintaan formal untuk suaka politik di Swiss sebagai "kemungkinan yang nyata." Pada 18 November, Pengadilan Stockholm menyetujui permohonan untuk menahan Assange untuk ditanyai. Pada tanggal 20 November, Kepolisian Kriminal Nasional Swedia mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional untuk Assange melalui Interpol, sebuah surat perintah penangkapan dikeluarkan Uni Eropa melalui Sistem Informasi Schengen.

 

WikiLeaks awalnya diluncurkan sebagai situs wiki, tapi telah semakin bergerak menuju model publikasi yang lebih tradisional, dan tidak lagi menerima komentar baik pengguna atau suntingan. Situs ini tersedia pada beberapa server dan nama domain yang berbeda setelah sejumlah serangan denial-of-service pada DNS mereka.

 

WikiLeaks menyatakan bahwa "minat utama adalah dalam mengungkap rezim yang menindas di Asia, blok Soviet, Sub-Sahara Afrika dan Timur Tengah, namun kami juga mengharapkan untuk bantuan kepada orang-orang dari semua daerah yang ingin mengungkapkan perilaku tidak etis dalam pemerintah dan perusahaan mereka”.

 

Menurut sebuah wawancara pada Januari 2010, tim WikiLeaks terdiri dari lima orang yang bekerja penuh waktu dan sekitar 800 orang yang bekerja part time. WikiLeaks tidak memiliki kantor resmi. Biaya operasional WikiLeaks per tahun adalah sekitar € 200.000, terutama untuk server dan birokrasi, tetapi akan mencapai € 600.000 jika pekerjaan membutuhkan penggajian relawan. WikiLeaks tidak membayar pengacara, karena ratusan ribu dolar dalam dana bantuan hukum telah disumbangkan oleh organisasi media seperti Associated Press, Los Angeles Times, dan National Newspaper Publishers Association. Aliran pendapatan hanya sumbangan, tetapi WikiLeaks berencana untuk menambahkan model lelang untuk menjual akses awal untuk dokumen. Menurut Wau Holland Foundation, WikiLeaks menerima uang untuk biaya personil, hanya untuk perangkat keras, bepergian dan bandwidth (Sumber TechEYE.net).

 

Sebuah badan amal Jerman, memberikan sumbangan dana untuk WikiLeaks. Dana tersebut disimpan dan diberikan kepada WikiLeaks setelah file aplikasi website whistleblower yang berisi pernyataan dirilis dengan bukti pembayaran. Yayasan ini tidak membayar gaji atau memberikan kompensasi apapun untuk personel WikiLeaks.

 

WikiLeaks menggambarkan dirinya sebagai "sebuah sistem uncensorable untuk dokumen massa tidak bisa dilacak dan tidak dapat bocor". WikiLeaks di-host oleh PRQ, sebuah perusahaan hosting Swedia yang dikenal sangat aman. Julian Assange mengatakan bahwa server berlokasi di Swedia karena negara-negara memberikan perlindungan hukum kepada pengungkapan yang dibuat di situs. Ia berbicara tentang konstitusi Swedia, yang memberikan perlindungan hukum penyedia

 

Setelah situs menjadi sasaran hacker di server lama, WikiLeaks memindahkan situs ke server Amazon. Namun, website itu di keluarkan server Amazon, tanpa pernyataan publik dari perusahaan. WikiLeaks kemudian memutuskan untuk menginstal sendiri pada server dari OVH di Perancis. Namun setelah kritik dari pemerintah Perancis, perusahaan mencari dua putusan pengadilan tentang legalitas hosting WikiLeaks. Sementara pengadilan di Lille segera menolak untuk memaksa OVH menutup situs WikiLeaks, pengadilan di Paris menyatakan akan perlu lebih banyak waktu untuk memeriksa masalah yang sangat teknis.

 

Pada tanggal 4 November 2010, Julian Assange kepada televisi publik Swiss TSR bahwa ia secara serius mempertimbangkan untuk mencari suaka politik di Swiss netral dan mendirikan sebuah yayasan WikiLeaks di negara itu dan untuk memindahkan operasi di Swiss.

 

Meskipun menggunakan nama "WikiLeaks", website ini tidak berbasis wiki. Juga WikiLeaks dan Wikipedia tidak memiliki afiliasi dengan satu sama lain. WikiLeaks akan terlihat sangat banyak seperti Wikipedia. Siapa saja dapat memposting untuk itu, siapa saja bisa mengeditnya. Tidak ada pengetahuan teknis yang diperlukan. Leakers dapat memposting dokumen anonim dan untraceably. Pengguna umum dapat mendiskusikan dokumen dan menganalisis kebenaran dan kredibilitas mereka. Pengguna dapat mendiskusikan dan menginterpretasi konteks. Pengguna dapat membaca dan menulis artikel penjelasan mengenai kebocoran bersama dengan bahan latar belakang dan konteks. Relevansi politik dari dokumen dan lain-lain yang dapat mengundang ribuan komentar lain masuk.

 

Namun, WikiLeaks membentuk kebijakan editorial yang menerima dokumen hanya yang "dari kepentingan politik, diplomatik, sejarah atau etika" sesuai FAQ mereka. Sebaliknya, pengiriman diatur oleh proses kajian internal dan ada pula yang dipublikasikan, sementara jika dokumen tidak cocok dengan kriteria editorial akan ditolak oleh tinjauan WikiLeaks. WikiLeaks menyatakan bahwa tidak pernah merilis sebuah dokumen misattributed. Dokumen dinilai sebelum rilis.

 

Menurut pernyataan Assange pada tahun 2010, dokumen yang diserahkan adalah diperiksa oleh sebanyak lima kelompok tinjauan, dengan keahlian dalam berbagai bidang seperti bahasa atau pemrograman, yang juga menyelidiki latar belakang leaker jika identitasnya diketahui. Pada kelompok itu, Assange memiliki keputusan akhir tentang penilaian dokumen.

 

Karena peran WikiLeaks dalam pengungkapan dokumen rahasia banyak negara ini, berbagai bentuk ancaman dan kesulitan selalu mengiringi WikiLeaks, dapat disebut antara lain :

  1. Di Amerika Serikat Departemen Kehakiman telah mengindikasikan sedang mempertimbangkan tuntutan pidana terhadap
  2. Di Australia, Julia Gillard telah menyatakan bahwa dasar dari Wikileaks dan pencurian mencuri dokumen rahasia dari pemerintahan Amerika Serikat, adalah ilegal.
  3. Menurut The Times, WikiLeaks dan anggota-anggotanya telah mengeluh tentang pelecehan terus dan pengawasan oleh penegak hukum dan organisasi intelijen, termasuk penahanan diperpanjang, penyitaan komputer, ancaman terselubung
  4. Dua pengacara untuk Julian Assange di Inggris mengatakan kepada The Guardian bahwa mereka percaya bahwa mereka sedang diawasi oleh dinas keamanan setelah kebocoran kabel diplomatik AS.
  5. Rumah Theodor Reppe, pendaftar nama domain WikiLeaks Jerman, wikileaks.de, digerebek
  6. Klaim situs Wikileaks bahwa pemerintah Republik Rakyat China telah berusaha untuk memblokir seluruh lalu lintas ke situs web dengan "WikiLeaks" dalam URL sejak tahun 2007, tetapi bahwa ini bisa dilewati melalui sambungan terenkripsi atau dengan menggunakan salah satu dari banyak URL rahasia Wikileaks's.
  7. Pada tanggal 16 Maret 2009, Otoritas Komunikasi dan Media Australia mengusulkan untuk menambahkan WikiLeaks dalam daftar hitam mereka sebagai situs yang akan diblokir untuk semua warga.
  8. Pusat Penyelesaian Situasi Darurat (CRES) saat ini menyensor website WikiLeaks dan lebih dari 40.000 halaman Web lain di Thailand karena ketidakstabilan politik di sana.
  9. Akses ke WikiLeaks saat ini diblokir di Perpustakaan Kongres Amerika Serikat
  10. Departemen Kehakiman AS membuka penyelidikan pidana Wikileaks dan pendirinya (Julian Assange) tidak lama setelah kebocoran kabel diplomatik Amerika.
  11. Setelah merilis video serangan udara 2007 dan pada saat mereka bersiap untuk merilis film serangan udara Granai, Julian Assange mengatakan bahwa kelompok relawan mereka berada di bawah pengawasan ketat pihak berwajib di banyak negara.
  12. WikiLeaks mengklaim bahwa pada bulan April 2010 Facebook telah menghapus halaman fan mereka (yang telah beranggotakan jutaan fan).
  13. Pada bulan Oktober 2010, dilaporkan bahwa Moneybookers, yang mengumpulkan sumbangan untuk WikiLeaks, telah mengakhiri hubungan dengan situs tersebut. Moneybookers menyatakan bahwa keputusan yang telah dibuat "untuk memenuhi investigasi terkait pencucian uang atau lainnya yang dilakukan oleh badan, komisi atau otoritas pemerintah’.
  14. Setelah kebocoran kabel diplomatik AS, yang dimulai pada tanggal 28 November 2010, beberapa perusahaan memutuskan hubungan dengan WikiLeaks. Setelah memberikan pemberitahuan 24-jam, EveryDNS yang dimiliki Amerika menghapus WikiLeaks dari entri-nya pada tanggal 2 Desember 2010, mereka beralasan DDoS yang "mengancam stabilitas infrastruktur".
  15. Pada hari yang sama, Amazon.com memutuskan hubungan dengan WikiLeaks, untuk mana ia memberikan pelayanan infrastruktur pada WikiLeaks, dengan alasan melanggar syarat pelayanan, setelah intervensi oleh ajudan Senator AS Joe Lieberman. Amazon membantah bertindak di bawah tekanan politik.
  16. Dua hari. kemudian, PayPal, prosesor pembayaran yang dimiliki oleh eBay, secara permanen memotong rekening Wau Holland, sebuah Yayasan yang telah mengalihkan sumbangan untuk WikiLeaks. PayPal beralasan bahwa account itu telah melanggar "Acceptable Use Policy", khususnya yang terkait serta digunakan untuk "kegiatan yang mendorong, mempromosikan, memfasilitasi atau menginstruksikan orang lain untuk terlibat dalam aktivitas ilegal."
  17. Pada hari-hari berikutnya, ratusan kelompok aktivis di internet mengimbau semua pendukungnya untuk menyerang situs-situs perusahaan yang tidak mendukung WikiLeaks. Mereka memberikan nama gerakan tersebut sebagai Operasi Payback.
  18. Pada tanggal 6 Desember, sebuah bank Swiss, PostFinance mengumumkan bahwa mereka telah membekukan aset Assange sebesar € 31.000. Dalam pernyataan pada website mereka, mereka menyatakan bahwa hal ini dikarenakan Assange "memberikan informasi palsu mengenai tempat tinggal" saat membuka rekening Wikileaks.
  19. Pada hari yang sama., MasterCard mengumumkan bahwa WikiLeaks tidak lagi dapat menerima produk MasterCard. Mereka berargumen bahwa MasterCard mempunyai aturan yang melarang pelanggan secara langsung maupun tidak langsung melakukan atau memfasilitasi tindakan yang ilegal.
  20. Pada hari berikutnya, Visa Inc mengumumkan menangguhkan pembayaran kepada WikiLeaks, sambil menunggu "penyelidikan lebih lanjut".
  21. Pada tanggal 8 Desember 2010, Wau Holland Foundation merilis pernyataan pers, mengatakan bahwa WHF telah mengajukan tindakan hukum terhadap PayPal karena telah memblokir account mereka (yang digunakan untuk pembayaran WikiLeaks) serta pencemaran nama baik.
  22. Datacell, sebuah perusahaan IT yang berbasis di Swiss yang memungkinkan Wikileaks untuk menerima sumbangan kartu kredit mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap Eropa Visa dan Mastercard, dalam rangka untuk melanjutkan pembayaran memungkinkan untuk website.
  23. Dalam sebuah surat terbuka Agustus 2010, Reporter organisasi non-pemerintah Without Borders memuji WikiLeaks dalam mengungkap pelanggaran berat HAM dan kebebasan sipil. Namun mereka juga mengecam WikiLeaks atas tidak adanya kontrol editorial sehingga tanpa pandang bulu penerbitan 92.000 laporan yang termasuk dalam kriteria diklasifikasikan, sehingga hal ini mencerminkan masalah nyata pada metodologi WikiLeaks. Terlepas dari semua, mereka menegaskan kembali dukungan untuk Wikileaks, yang menyangkut pekerjaan dan prinsip-prinsip pendiriannya.
  24. Sementara itu pada tanggal 30 November 2010, mantan penasehat pemerintah Kanada Tom Flanagan, muncul di program televisi CBC "Power & Politik", menyerukan Julian Assange untuk dibunuh.
  25. Wartawan investigasi Rusia Andrei Soldatov mengkritik WikiLeaks untuk mengungkapkan dokumen tanpa memeriksa fakta-fakta, tanpa menempatkan mereka dalam konteks, dan tanpa melakukan analisa.
  26. Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengatakan bahwa kebocoran kabel diplomatik Amerika merupakan kebocoran yang direncanakan oleh Amerika Serikat, untuk mendiskreditkan pemerintah (walaupun ia tidak dapat menunjukkan apakah WikiLeaks berkolusi dengan Amerika Serikat atau sekadar sebuah tindakan tanpa sengaja).

Berbagai komentar lain terus bermunculan, dan WikiLeaks akan terus menjadi The Real News Maker. Namun fakta apa yang sebenarnya telah di ungkap WikiLeaks? Berikut beberapa diantaranya :

  1. Order pembunuhan Somalia: WikiLeaks memposting dokumen pertama pada bulan Desember 2006, berisi dokumen tentang keputusan untuk membunuh pejabat pemerintah yang ditandatangani oleh Sheikh Hassan Dahir Aweys.
  2. Korupsi keluarga Daniel Arap Moi: Pada tanggal 31 Agustus 2007, The Guardian (Inggris) menampilkan pada halaman depan mereka cerita tentang korupsi yang dilakukan oleh keluarga mantan pemimpin Kenya Daniel Arap Moi. Surat kabar itu menyatakan bahwa sumber informasi berasal dari WikiLeaks.
  3. Prosedur Teluk Guantanamo: Salinan Standar Operasional Prosedur Camp-protokol Delta dari Angkatan Darat AS di Teluk Guantanamo, dirilis di situs WikiLeaks pada tanggal 7 November 2007. Dokumen, bernama "Gitmo-sop.pdf ", juga dimuat di The Guardian.
  4. Pada tanggal 3 Desember 2007, WikiLeaks merilis sebuah salinan manual edisi 2004, bersama dengan analisis rinci tentang perubahan.
  5. Scientology: Pada tanggal 24 Maret 2008, WikiLeaks menerbitkan apa yang mereka disebut sebagai rangkuman rahasia ‘Alkitab' Scientology.
  6. Email hack Sarah Palin, cawapres Republik calon presiden John McCain.
  7. Pada tanggal 7 Februari 2009, WikiLeaks merilis 6780 laporan Layanan Riset Kongres.
  8. Pada bulan Maret 2009, WikiLeaks menerbitkan daftar kontributor kampanye senator Norm Coleman dan satu set dokumen milik Barclays Bank yang telah dipesan untuk dihapus dari situs The Guardian.
  9. Climategate email: email kontroversi Unit Penelitian Iklim. Pada bulan November 2009, sebuah dokumen kontroversial, termasuk e-mail korespondensi antara ilmuwan iklim, dari Penelitian East Anglia Universitas (UEA) Unit Iklim bocor di WikiLeaks
  10. WikiLeaks telah menerbitkan daftar alamat web yang dilarang atau ilegal untuk beberapa negara.
  11. Pada tanggal 28 Januari 2009, WikiLeaks merilis 86 rekaman telepon politisi Peru dan pengusaha yang terlibat dalam skandal "Petrogate”. Berita ini di rilis ditampilkan di halaman depan lima surat kabar Peru.
  12. Kecelakaan nuklir di Iran: Pada tanggal 16 Juli 2009, kantor berita Iran melaporkan bahwa ketua organisasi energi atom Iran Gholam Reza Aghazadeh telah mengundurkan diri secara tiba-tiba karena alasan yang tidak diketahui, setelah dua belas tahun bekerja. Pengunduran diri ini terjadi tidak lama setelah WikiLeaks merilis sebuah laporan yang mengungkapkan sebuah "kecelakaan nuklir serius" di fasilitas nuklir Iran di Natanz tahun 2009. Menurut laporan media kecelakaan itu mungkin merupakan hasil langsung dari cyberattack pada program nuklir Iran, dilakukan dengan virus komputer Stuxnet.
  13. Pada bulan Oktober 2009, Protokol Bersama 440, sebuah dokumen terbatas yang berisi 2.400-halaman yang ditulis pada tahun 2001 oleh Kementerian Pertahanan Inggris bocor. Dokumen ini berisi instruksi layanan keamanan menyangkut cara untuk menghindari kebocoran informasi oleh hacker, wartawan, dan mata-mata asing.
  14. Pada tanggal 25 November 2009, WikiLeaks merilis 570.000 penyadapan pesan pager dikirim pada hari serangan 11 September. Di antara Pesan dirilis adalah komunikasi antara pejabat Pentagon dan New York City Police Department
  15. U. S. Intelijen laporan WikiLeaks: Pada tanggal 15 Maret 2010, WikiLeaks merilis 32-halaman Laporan rahasia US Department of Defense dari Maret 2008. Dokumen ini menggambarkan beberapa laporan seperti pelanggaran hak asasi manusia di Guantanamo Bay dan pertempuran di atas kota Fallujah Irak.
  16. Video serangan udara Baghdad: Pada tanggal 5 April 2010, WikiLeaks merilis cuplikan serangkaian serangan militer AS dari pada tanggal 12 Juli 2007 di Baghdad oleh sebuah helikopter AS yang menewaskan 12 orang, termasuk dua staf berita Reuters, Saeed Chmagh dan Namir Noor-Eldeen. Analisis video menunjukkan bahwa pilot mengira orang itu membawa senjata (yang sebenarnya peralatan kamera). Ketika ditanya apakah mereka yakin bahwa orang-orang itu membawa senjata, mereka menjawab dengan persetujuan.
  17. Penangkapan Bradley Manning: Sebuah analis intelijen Angkatan Darat AS Bradley Manning, ditangkap setelah diduga membocorkan video diatas, di samping video serangan udara Granai dan sekitar 260.000 kabel diplomatik untuk WikiLeaks.
  18. Diary Perang Afganistan: Pada tanggal 25 Juli 2010 WikiLeaks merilis lebih dari 92.000 dokumen yang terkait dengan perang di Afghanistan antara 2004 dan akhir 2009. Rilis dokumen ini juga di muat di The Guardian, The New York Times, dan Der Spiegel

Masih banyak lagi dokumen rahasia yang dirilis WikiLeaks, dan semuanya hampir pasti menjadi News Maker Media Dunia. Rilis WikiLeaks telah membuat banyak penguasa dan banyak pihak kebakaran jenggot. Bagaimana WikiLeaks dan Julian Assange membentengi diri sehingga percaya diri untuk melakukan itu semua? Satu diantaranya mungkin dapat menjadi informasi yang menarik. Pada tanggal 29 Juli 2010 WikiLeaks menambahkan 1,4 GB " File Asuransi " ke halaman Diary Perang Afganistan. File AES ini telah dienkripsi. File ini bisa diibaratkan sebagai sebuah saklar. Setelah beberapa hari pertama kebocoran kabel diplomatik Amerika Serikat, mulai 28 November 2010, penyiar televisi Amerika CBS meramalkan bahwa "Jika sesuatu terjadi pada Assange atau WikiLeaks, tombol akan keluar untuk membuka file, dan tidak akan ada cara untuk menghentikan penyebaran informasi (akan menyebar seperti api) karena begitu banyak orang sudah memiliki salinan. Wartawan CBS Declan McCullagh menyatakan, sebagaimana kebanyakan orang berspekulasi adalah bahwa file asuransi berisi informasi yang belum pernah dirilis yang akan sangat memalukan untuk pemerintah AS jika bocor.

 

WikiLeaks dan Assange sepertimya memang telah mempunyai sumber daya yang cukup untuk semua gerakannya. Pun dari komunitas hacker di seluruh dunia. Pertanyaannya, kesalahan itu ada pada kegiatan rahasianya, atau pada pembocornya?

6 comments:

  1. Wikileaks ini bukti kalau tidak selamanya punya website terkenal, hati jadi senang.

    ReplyDelete
  2. Naturally you'll need to adhere to your clear diet regime, regular exercising, and some kind of aerobic activity.

    Here is my blog post ... full dumbbell set

    ReplyDelete
  3. It provides extra steadiness when utilizing the aerobic rowing aspect and it offers a completed look in your exercise routine
    room.

    Feel free to surf to my web blog; cheap free weights for sale

    ReplyDelete
  4. The balance disc can be adjusted by deflating it or giving it more air to
    get a customized perform out.

    My site - www.getfitnstrong.com

    ReplyDelete
  5. Nonetheless, machines limit your assortment of
    motion, and it does consider time to determine out just just how much
    bodyweight it is possible to raise on each and every machine.


    My homepage - visit the next site

    ReplyDelete
  6. The Bowflex XP and FT are targeted for newbie and intermediate weight lifters.


    Look into my web-site bowflex selecttech 552 adjustable dumbbells pair

    ReplyDelete

Join, please