Monday, April 4, 2011

GEMES-Bike to Work Lumajang

GEMES GIZI BURUK 
Komunitas GEMES atau Gemar Mengayuh Sepeda, merupakan sebuah komunitas yang mendedikasikan dirinya untuk kesehatan.  Nilai-nilai lain dalam komunitas ini termasuk juga kekompakan dan persaudaraan.
Pada awal berdirinya, Gemes mendapat  support kuat  jajaran Dinas Kesehatan Kab. Lumajang, namuan dalam perkembangannya, berbagai club dan komunitas sejenis saling ber-interaksai dalam  kegiatan GEMES.
Indonesia sebetulnya sangat butuh komunitas-komunitas seperti GEMES ini. Selain sehat, kegiatan mereka murah dan sangat ramah lingkungan, sesuatu yang cukup langka di tengah gerusan budaya konsumtif yang mahal saat ini. Konon, jauh di negara-negara Euro  sana, komunitas semacam ini sedikit banyak sudah membudaya. Secara global mereka menamakannya dengan gerakan bike to work.

Bike to work Indonesia merupakan sebuah konsep yang digagas pertama kali dan berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda yang punya semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan, lahirlah KOMUNITAS PEKERJA BERSEPEDA (Bike-to-Work Community) yang kemudian menggagas kampanye pertama penggunaan sepeda ke tempat kerja pada 6 Agustus 2004.  Visi dan Misi dari komunitas B2W-Indonesia merupakan wujud kepedulian mereka terhadap peningkatan kualitas manusia Indonesia secara fisik maupun psikis, serta terhadap permasalahan lingkungan hidup yang terjadi saat ini. (sumber http://b2w-indonesia.or.id/)

Kembali ke GEMES, komunitas nirlaba ini banyak memasukkan unsur sosial dalam berbagai kegiatannya. Kita dapat mengambil contoh beberapa diantaranya, seperti gerakan pemberantasan sarang nyamuk bersama masyarakat, gerakan sosialisasi anti rokok, dan terakhir memberikan bantuan pakaian, sembako, dan makanan pendamping ASI bagi anak dan keluarga gizi buruk.

Salah satu kegiatan sosial GEMES, terekam dalam video berikut : 
 

0 comments:

Post a Comment

Join, please