Tuesday, December 1, 2009

Seri Menjadi Kaya Menjadi Berkah

7 Alasan keuntungan menjadi orang kaya di Indonesia

100_4108

  1. Di Indonesia orang kaya sangat diuntungkan, karena begitu luas ladang beramal bagi mereka. Sebagian rizki mereka yang merupakan hak fakir miskin, sangat mudah untuk disalurkan. Dengan mata telanjang kita dapat menyaksikan saling sikut dan berdesakan saudara-saudara kita berebut sekilo-dua kilo daging kurban. Dulu pernah aku mengira, saling serang untuk berebut demikian hanya berlaku pada kebutuhan pokok saat di bagikan zakat fitrah dan bantuan BLT. Namun ternyata semua yang berbau bantuan, semua yang berbau murah, apalagi yang berbau gratis, menjadi bahan berebut yang tak terkira. Seperti yang terjadi di Jakarta tempo hari, orang berebut hebat injak menginjak saat dibuka tawaran pembelian handphone murah !! Jangan-jangan ini bukan masalah kemiskinan, jangan –jangan ini budaya ! Budaya baru kita !
  2. Di Indonesia orang kaya sangat diuntungkan, karena disini hampir semua bisa dibeli dengan uang. Saat membuka pintu rumah kita, di depan sudah berderet toko dan pasar modern konglomerasi konglomerat yang bernama Mart, Mall, dan sederet nama beken lainnya. Kita tidak lagi berfikir tidak bisa makan durian atau mangga karena sedang tidak musim di pekarangan kita, toko dan pasar mereka tidak mengenal musim dan usum. Apapun tersedia di pasar mereka, mulai mur dan baut, bumbu dapur, obat kuat dan kondom, sotel dan tusuk gigi, bahkan sampai peralatan treadmill dan kulkas. Sementara hanya tempat potong rambut dan suku cadang (bekas) onderdil sepedah kita yang dapat kita beli di pasar kliwon, pasar legi, pasar senggol, dan pasar peninggalan mbah buyut kita.
  3. Satu lagi keuntungan menjadi orang kaya ditunjukkan Anggodo, Anggoro, Artalya, dan berderet-deret nama lainnya di barisan orang kaya, dengan menjadikannya alat tukar hukum dan keadilan. Benteng-benteng penegakan hukum dengan sangat mudah mereka tembus. Sementara bagi orang yang kebetulan sangat minim pada akses uang dan kekayaan, karena tiga buah kakao atau tulisan keluh kesah mereka, telah mengantarkannya ke hotel prodeo.

to be continued  …

0 comments:

Post a Comment

Join, please