Saturday, June 19, 2010

Nilai Ekonomis Jabon

Nilai Ekonomis dan Harga Tanaman Jabon

Sebagimana sudah dijanjikan, seiring berbagai pertanyaan dan antusiasme pembaca di Blog Lumajangtopic ini berikut artikel tentang nilai ekonomis dan informasi harga Tanaman Jabon. DSC01253 Sebagimana kita ketahui Keunggulan Jabon (Antocephalus Cadamba), Jabon memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan tanaman kayu rimba lainnya. Selain daya tumbuhnya yang sangat cepat, tingkat kelurusannya juga tinggi, berbatang silinder dan cabang yang ada pada masa pertumbuhan akan rontok dengan sendirinya ketika pohon meninggi. Sifat ini menguntungkan karena tidak memerlukan pemangkasan. Kayunya berwarna putih agak kekuningan tanpa terlihat serat sangat baik dipergunakan untuk pembuatan kayu lapis (playwood), mebeler, bahan bangunan non kontruksi, maupun kayu gergajian, tanaman Jabon menpunyai usai optimal berkisar 12 tahun tetapi pada usia 6 – 8 tahun sudah dapat di tebang (Ǿ 30 up).

DSC01206

Dari aspek Penanaman dan Perawatan, Jabon merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang serta tidak memerlukan perlakuan khusus dalam budidayanya.  Karena jenisnya yang berwarna putih agak kekuningan tanpa terlihat seratnya, sangat dibutuhkan pada industri kayu lapis (playeood), meubelair dan bahan bangunan non kontruksi, sehingga dalam pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan. DSC00950 Bahkan salah satu pelaku senior budi daya Jabon ini di Kabupaten Lumajang kami telah melakukan kerjasama dengan industri kayu lapis yang siap untuk membeli setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.

 

Secara ekonomis, budidaya tanaman jabon akan memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar, dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada tanaman jabon setelah dipanen pada usia 8-10 tahun dengan asumsi harga terendah dan batang terkecil, maka pada setiap batang jabon akan diperoleh, misalnya jika tinggi batang yang bisa terjual rata-rata 12 m dengan diameter batang rata-rata, maka tiap batang pohon jabon menghasilkan kayu yang bisa dijual sebanyak 1,5 kubik, dengan harga perkubik saat ini Rp 1.000.000, akan didapatkan pemasukan minimal Rp 1.500.000 per batang pohon jabon (usia 8-10 tahun). DSC00852

 

Harga kayu jabon per kubik dipasaran saat ini

1.middle 30-39 Rp 1.000.000

2.middle 40-49 Rp 1.100.000

3.middle 50 up Rp 1.200.000

Harga ini diprediksi akan mengalami terus mengalami kenaikan seiring dengan tingkat kebutuhan / permintaan yang semakin meningkat. Jika kita punya lahan 1 ha, dengan jarak tanam 4x5 meter, kita akan mampu menanam sebanyak 500 batang Jabon. Dengan jumlah itu investasi kita dalam waktu 6-8 tahun akan menghasilkan Rp. 750.000.000. Tingkat resiko investasi ini jika kita melihat perjalanan Jabon selama ini, sangat kecil. Tingkat resiko agak tinggi mungkin pada tahap pembibitan, khususnya jika kita mencoba melakukan pembibitan sendiri dengan biji jabon. Namun jika kita tidak mau mengambil resiko ini, di pasaran Lumajang sudah tersedia berbagai jenis bibit jabon yang siap tanam (dengan tingkat resika gagal dijamin sangat kecil). Penyedia bibit juga siap melakukan pendampingan dan bimbingan teknis metode budi daya penaman sampai tuntas.

 

harga bibit jabon

Tingkat pertumbuhan tanaman JABON termasuk sangat cepat dibandingkan dengan kayu keras lainnya. Sebagai ilustrasi diameter batang dapat tumbuh antara 10 cm setiap tahunnya, dengan perkembangan tinggi batang dapat mencapai 20 meter pada usia 12 tahun ! Ketika usia pohon mencapai 6-8 tahun, Jabon siap dipanen (dengan rata-rata per batang menghasilkan min 1,5 m3 x harga per m3 Æ 30 Up Rp.1.000.000 = Rp. 1.500.000,- per batang). Sungguh investasi yang sangat menggiurkan untuk segera direalisasikan  ….

 

JIka Anda tertarik, informasi lengkap dan up to date dapat dikirim ke : mail@helpingpeopleideas.com 

(tempat kita berbagi dan bertukar informasi …. )

7 comments:

  1. maaf,,saya rasa harga diatas sangat mahal,ditempat kami saja harganya hanya 1 rb samapai ukuran 2 meter,,

    ReplyDelete
  2. maaf... tuk bibit jabon yg ukuran 3-5 cm harga bisa nego g.... terimakasih

    ReplyDelete
  3. maaf..... to agus... kl blh tau almat km dmn...? pa bnr hrgnya 1rb yg tingginya 2meter....?

    ReplyDelete
  4. bsa krm luar kota g pak....?

    ReplyDelete
  5. Dulu jati emas, sekarang jabon apa bedanya, harga bibitnya saja yang mahal dan iming-iming panen yang menggiurkan. Tapi kami belum melihat panen jati mas yang menguntungkan petani kecil, kayaknya jabon sama dengan jati emas kali yee

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Join, please